Senin, 07 Desember 2009

Jadilah Pendengar yang Baik



Seperti janji saya, ini adalah artikel kedua saya dengan label hubungan dengan pasangan. Dan Saya masih mempunyai harapan untuk dapat kembali menuangkan ide – ide Saya dengan label yang sama. Mengapa Saya berharap agar Anda dan Saya lebih memfokuskan diri untuk menjadi pendengar yang baik untuk pasangan kita masing – masing…

Selain karena Tuhan menciptakan telinga kita lebih banyak dari mulut kita, juga karena dengan menjadi pendengar yang baik menunjukkan bahwa Anda mampu mengantongi ego Anda untuk mendahulukan pasangan. Karena tidak ada seorangpun yang bisa dikatakan cukup mempunyai jiwa yang besar selain orang yang mampu menahan diri untuk mendahulukan orang lain, terutama jika dia adalah pasangan hidup kita.

Menurut Anda, dalam relasi kita dengan seseorang, hal apakah yang paling menyebalkan…? Tidak ada hal lain yang paling menyebalkan dalam relasi kita dengan seseorang selain orang yang selalu saja tidak pernah bersedia untuk mendengarkan kita, dalam hal sekecil apapun.Anda bisa tanyakan kesemua orang yang ada di sekitar Anda tentang pasangan mereka. Dan Saya jamin, mereka semua akan mengatakan bahwa pasangan mereka adalah pendengar yang sungguh “ sempurna “

Menjadi pendengar yang baik sebenarnya mempunyai dua manfaat yang sungguh sangat menguntungkan untuk Anda dan pasangan Anda.
Yang pertama dan paling utama adalah membuat pasangan Anda merasa diperhatikan dan hal ini akan membuat pasangan Anda yakin setiap saat bahwa Anda benar – benar peduli terhadap apa saja yang di katakan nya kepada Anda. Ini adalah cara yang paling efektif untuk menunjukkan bahwa Anda sungguh – sungguh tertarik dan memahami pasangan Anda.

Yang kedua adalah, dengan Anda menjadi pendengar yang baik, hal ini membuktikan juga bahwa Anda peduli pada perasaan pasangan Anda. Dan bahwa Anda mengakui serta menghargai pandangan – pandangannya. Karena jika seseorang merasa didengarkan, mereka akan merasa dirinya istimewa dan dihargai. Selain itu, ketrampilan untuk menjadi pendengar yang baik akan mendorong seseorang untuk membuka diri dan mencurahkan isi hati nya kepada si pendengar. Juga akan mendorong kedua belah pihak untuk saling mendengarkan , yang kemudian akan menciptakan suatu komunikasi yang tulus dan akrab.

Dengan mendengarkan secara efektif akan semakin membuat Anda lebih bisa menahan diri untuk tidak kesal atau bereaksi berlebihan terhadap masalah kecil. Bila Anda dengan penuh cermat dan penuh kasih mendengarkan apa yang dikatakan pasangan Anda, Anda tidak akan mengambil suatu kesimpulan yang gegabah atau memiliki reaksi seperti biasanya. Karena hal inilah yang akan terjadi jika Anda merasa sudah tahu apa yang akan dikatakan, yaitu buah pikiran Anda.

Bila Anda mau berusaha dan menyediakan waktu untuk mendengarkan, Anda akan mendengar [ dan merasakan ] hal – hal yang tidak akan Anda ketahui bila Anda hanya menunggu giliran Anda untuk bicara. Jika Anda bisa mendengar dan merasakan penderitaan dan frustasi yang kadang – kadang dialami pasangan Anda, Anda akan lebih mengasihi nya amat sangat. Anda akan mampu melihat bahwa sebenarnya dia tidak selalu bersalah, dan dengan demikian hati Anda akan tetap terbuka. Sementar itu dilain pihak, Anda akan ikut merasakan kebahagiaan nya karena Anda bisa menyimak antusiasme dan kegembiraan melalui nada suaranya. Dan hal ini tidak mungkin siapapun ketahui jika tidak mendengarkan dengan baik.

Hal yang mungkin membuat siapa saja merasa beruntung bahwa, siapa saja bisa menjadi pendengar yang lebih baik setiap waktu jika punya keinginan yang kuat dan mau berusaha. Hanya satu hal yang perlu Anda sadari bahwa menyela pembicaraan sebelum orang selesai bicara,meskipun dalam konteks lain seperti menawarkan sesuatu yang baik sekalipun, mungkin sekali selalu membuat Anda tergoda, adalah hal paling menjengkelkan seorang yang sedang berbicara. Saya percaya Anda sadar hal ini.

Susah sekali memang untuk membiasakan diri menahan diri untuk tidak menyela pembicaraan orang, apalagi jika Anda merasa lebih dalam – dalam hal apapun – dengan lawan bicara Anda. Namun tidak ada yang tidak mungkin jika Anda mencoba nya setiap hari.

Satu – satu nya cara untuk menjadi pendengar yang baik adalah berlatih sesering mungkin. Pendengar yang baik bukan hanya berarti bisa mengulangi apa yang baru saja dikatan pasangan Anda tetapi lebih dari itu. Menjadi pendengar yang baik berarti “ terlibat “ dalam pembicaraan, bersikap sabar d an penuh empati. Artinya, pertama – tama Anda harus berusaha mengerti apa yang sedang dibicarakan sebelum mengatakan sesuatu ketika giliran Anda tiba.

Jika Anda ingin menemukan solusi jika terjadi suatu masalah dengan pasangan Anda, “ mematikan nya “ bahkan, sebelum masalah itu sendiri berkembang menjadi lebih besar , Dan bila Anda senang mendengarkan sesenang Anda saat Anda yang berbicara. Itu berarti Anda membuka kesempatan untuk memperoleh karunia yang langka.
Karena dengan hal ini, pasti akan sangat memuaskan kedia belah pihak , karena masing – masing menghormati dan bersedia menjadi pendengar yang baik.
Bagaimana, Adakah yang lebih mudah dari hal itu…
Well..bersediakan Anda menjadi pendengar yang baik untuk pasangan Anda yang luar biasa..

Saya percaya, untuk pasangan Anda, pasti Anda lakukan

Sampai bertemu di puncak sukses





2 komentar:

Jayadi Gusti mengatakan...

Selalu berusaha menghadapkan seluruh badan dan perhatian kepada yang tengah berbicara, sunnah Rasul. Karena beliau menempatkan istrinya, sahabat-sahabatnya, umatnya, adalah PARTNER bukan sekedar pelengkap status.

Andy Elegance mengatakan...

setuju mas Jay

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Press Release Distribution