Sabtu, 11 April 2009

Delegasikan Kepemimpinan Anda


Pendelegasian kepemimpinan banyak sekali saya dapatkan Setelah beberapa kali saya hadiri Leadership Seminar yang diadakan oleh sebuah organisasi internasional.

Saya temukan bahwa banyak pemimpin yang bersemangat karena ilmu nya dan mulai menggunakan konsep – konsep yang mereka dapatkan kepada orang – orang mereka.Yang mereka lakukan adalah mulai membangun rencana kerja dan kerangka nya secara detil dan terperinci dengan panduan visi dan tujuan yang jelas. Pada dasarnya tahap awal yang mereka lakukan sudah tepat.


Yang menjadi masalah adalah mereka tidak memberitahukan kepada siapapun, termasuk tim dan organisasi yang mereka pimpin. Mereka tunjukan rencana dan agenda kerja menurut versi mereka dan memerintahkan segala jajaran dibawah mereka untuk mengerjakan nya. Sekali lagi, menurut cara mereka.
Akibatnya mereka menjadi bingung, sekalipun mereka menggunakan konsep tersebut dengan baik.

Umpamanya, katakanlah beberapa karyawan Anda ternyata peraih prestasi yang baik dan dapat diandalkan. Karena Anda hanya menunjukkan cara kerja menurut Anda saja yang benar, Anda terlalu mengawasi mereka. Hal ini akan di baca mereka sebagai Anda tidak mempercayai lagi mereka bahwa mereka mampu mengerjakan nya.
Katakanlah juga bahwa Anda mempunyai beberapa pemula yang sedang bersemangat dalam bekerja. namun menurut Anda mereka perlu di beri tau bagaimana mengerjakan beberapa hal dan mengapa.

Para peraih prestasi mungkin saja merasa kurang dihargai, sementara para pemula mungkin saja merasa Anda terlalu mencari – cari kesalahan mereka.

Jika Anda sampaikan strategi kepemimpinan Anda kepada orang – orang Anda, mereka bukan saja akan memahami maksud Anda melainkan juga dapat memberi Anda umpan balik yang justru akan membantu Anda. Para pemimpin bergaya hamba yang sejati menginginkan umpan balik, karena mereka ingin mengetahui apakah interaksi mereka dengan orang – orang mereka menjadi efektif, bukan nya mendikte mereka.

Bagaimana menurut Anda…

Gaya kepemimpinan mana yang Anda ingin lakukan…
Kepemimpinan terhadap orang lain…atau…
Kepemimpinan bersama orang lain

Sampai bertemu di puncak sukses



0 komentar:

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Press Release Distribution