Sabtu, 11 April 2009

Memimpin, Berhak kah Anda


Berhakkah Anda menjadi seorang pemimpin

Apakah yang membuat seseorang mempunyai hak untuk memimpin ?
Yang pasti , hak untuk memimpin bukanlah diraih lewat pemilihan atau penunjukan. Mempunyai posisi, nama jabatan, pangkat, atau gelar tidaklah membuat siapapun memenuhi syarat dan berhak untuk memimpin sesamanya. Dan kemampuan itu juga tidak datang dengan sendirinya dari usia dan pengalaman.


Namun tidak tepat juga jika dikatakan bahwa tak seorangpun dapat diberikan hak untuk memimpin , karena hak untuk meminpin hanya dapat diupayakan . Dan itu membutuhkan waktu.

Kunci menjadi pemimpin yang efektif bukanlah focus pada bagaimana orang lain mengikuti Anda, melainkan justru menjadikan Anda sendiri type individu yang orang lain mau ikuti. Anda harus menjadi orang yang bisa dipercaya untuk mengantarkan mereka kemana mereka mau menuju,bukan nya “ memaksa “ kearah mana tujuan mereka berdasarkan kemauan Anda.

Apakah Anda benar - benar siap uantuk menjadi seorang pemimpin yang benar – efektif ?
Sementara Anda mempersiapkan diri untuk menjadi pemimpin yang lebih baik, mungkin beberapa ide ini bisa Anda gunakan sebagai panduan Anda untuk bertumbuh :

1.KANTONGI EGO ANDA
Pemimpin sejati bukanlah memegang posisi kepemimpinan demi kepentingan pribadinya. Justru sebaliknya, mereka memimpin untuk melayani sesama

2.TIDAK ADA PEMIMPIN YANG EFEKTIF TANPA PERNAH MENJADI SEORANG PENGIKUT
Jarang sekali pemimpin yang efektif tidak terlebih dahulu belajar menjadi pengikut yang baik.

3.HUBUNGAN YANG POSTIF YANG SELALU PERLU ANDA BANGUN
Kepemimpinan adalah pengaruh, tidak kurang tidak lebih. Artinya , yang menjadi soal adalah hubungan baik. Pemimpin generasi sekarang tampaknya sangat sadar akan hal ini sebab nama jabatan dan posisi demikian tak berarti bagi mereka. Secara naluriah mereka tahu bahwa orang mengikuti orang dengan siapa mereka akur.

4.DAHULUKAN DISIPLIN, BUKAN EMOSI
Kepemimpinan seringkali mudah di masa – masa baik saja.Justru ketika pada saat segalanya serasa menentang Andalah – pada saat Anda kehabisan enerji dan Anda serasa tidak mau lagi untuk memimpin .Justru di saat seperti itu Anda semakin kukuhkan posisi Anda sebagai pemimpin. Untuk berhasil dalam masa – masa itu , andalkanlah disiplin yang seperti batu karang, bukan nya emosi yang seperti Lumpur pasir

5.SASARAN ANDA ADALAH MEMBERIKAN NILAI TAMBAH
Jika Anda lihat pemimpin yang nama – namanya tetap dihormati lama setelah mereka tidak lagi memimpin. Anda temukan bahwa mereka adalah individu yang membantu sesama nya menjalani kehidupan yang lebih baik dan mencapai potensi mereka.Itulah panggilan tertinggi kepemimpinan sekaligus nilai nya.Bukan nya dengan intimidasi untuk menuju kepada tujuan Anda.

6.BAGI – BAGIKANLAH KEKUASAAN ANDA
Salah satu ironi kepemimpinan adalah bahwa Anda menjadi pemimpin yang lebih baik justru dengan membagi-bagikan kekuasaan yang Anda punyai, bukan nya menyimpannya sendiri dan selalu menerapkan segala sesuatu dengan cara Anda. Sekalipun Anda bagi- bagikan tugasnya.Hendaknya Anda ibarat sungai, bukannya tanggul cadangan. Jika Anda gunakan kekuasaan Anda untuk memberdayakan sesama, kepemimpinan Anda akan jauh melampaui yang Anda pahami.


Sekali lagi, perlu Anda ingat bahwa ,dibutuhkan waktu untuk layak mempunyai pengikut.Bukan nya karena keadaan yang menjadikan Anda pemimpin yang efektif dan baik.

Kepemimpinan bukanlah dikuasai atau diperoleh dalam waktu singkat.Karena pemimpin yang efektif..butuh jam terbang.


Berapa banyak jam terbang Anda…
Sampai bertemu di puncak sukses


0 komentar:

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Press Release Distribution